Saturday, December 9, 2017

Bedanya Roti Tawar dan Roti Gandum Pengganti Nasi



Semua orang tenetu tahu jika makanan pokok orang Indonesia adalah nasi! Seberapa banyak kamu memakan jajanan belum disebut 'makan' rasanya jika belum makan nasi dengan berbagai macam lauk pauk yang ada. Ya, di Indonesia memang orang-orangnya sangat cinta dengan nasi ini. Namun bagi beberapa orang, mereka mengganti makanan karbohidrat ini dengan bahan lain. Yaitu menggunakan roti tawar atau roti gandum. Apalagi mereka yang sedang melakukan program diet dengan tetap menkonsumsi karbohidrat yang cukup namun indeks glikemik (IG) rendah. Lalu apa saja perbedaan dari roti tawar dan roti gandum? Mari simak ulasan berikut..

1. Bahan

Roti tawar : lebih umum dikenal, roti tawar dibaut dengan tepung dan serat dari serealianya telah dibuang. Ini juga yang menjadikan roti tawar berwarna putih terang.
Roti gandum : roti gandum cenderung lebih berwarna coklat karena terbuat dari tepung berserat tinggi atau gandum utuh yang serealianya tidak dibuang.

2. Pembuatan

Roti tawar : warna putih yang ada pada roti tawar disebabkan oleh penggilingannya yang cukup lama dan kadar minyak yang telah dipisahkan pada roti tersebut.
Roti gandum : Sedangkan roti gandung memang cenderung berwarna coklat alami karena dibuat melalui proses alami dan tidak ditambah dengan bahan-bahan tertentu.

3. Kalori

Roti tawar : setangkup memiliki kandungan sebanyak 175 kalori tanpa ditambahkan bahan-bahan lainnya. Jika roti tawar coklat, pandan dll kandungannya juga akan bertambah.
Roti gandum : setangkup roti gandum memiliki 138 kalori. Sehingga cocok bagi yang sedang menurunkan berat badan.

4. Kandungan dan Zat Gizi

Roti gandum: memiliki kandungan serat yang lebih banyak, Vimatin B, dan protein.
Roti tawar : kandungan yang dimiliki roti tawar lebih sedikit dibanding dengan roti gandum karena telah melalui banyak proses pengolahan.

No comments:

Post a Comment